Lagi Bisnis Tapi Kompetitor Banting Harga? Lawan Dengan Cara Ini!

Sudah terlalu banyak keluhan seller lokal di market yang memiliki produk kreatif dan berhasil dalam penjualan, tiba-tiba muncul vendor lain dari China dengan produk sama persis dengan harga lebih murah. Seller lokal hanya bisa misuh-misuh karena tak punya paten pada desainnya dan di negeri ini tidak mudah pula mengurus paten. Tapi bagi sebuah negara yang tak hanya jadi ingin bangsa konsumen, hal ini berbahaya. Terutama ketika negara kita belum memiliki sistem dan infrastruktur yang komplet untuk mendukung price management para pelaku usaha, terlebih lagi UKM. Dengan menciptakan produk yang unik dan belum ada di pasaran, maka produk kamu memiliki nilai lebih di mata konsumen.

Bagaimana menghadapi persaingan harga

Beri tahu mereka tentang komitmen Anda terhadap pelatihan dan pengembangan, yang menumbuhkan kreativitas dan keterampilan memecahkan masalah. Berlatihlah menjelaskan rencana jangka panjang perusahaan Anda untuk keunggulan. Mulailah untuk memposisikan perusahaan Anda berkomitmen pada strategi jangka panjang untuk inovasi dan peningkatan berkelanjutan. Hal ini membuat kerugian kompetitif jangka pendek yang mungkin Anda hadapi lebih mudah dimasukkan ke dalam konteks dengan prospek. Dengan bercerita akan dapat menawarkan kekuatan untuk mengubah produk atau solusi Anda dari ide yang kabur dan tidak berwujud menjadi visi nyata bagi prospek Anda. Anda bisa mengilustrasikan bagaimana perusahaan Anda telah membantu perusahaan lain dengan membagikan kisah sukses spesifik yang menekankan keuntungan bekerja bersama.

Kecuali bisnis yang Anda bangun memiliki goal pasar kalangan menengah ke atas dengan dukungan fasilitas yang mewah dan lain sebagainya. Pengelolaan stok barang yang baik dengan aplikasi stok barang yang otomatis dan real-time juga dapat mengurangi biaya sehingga harga produk menjadi lebih murah. Sebelum melangkah lebih jauh dalam dunia bisnis, sebaiknya Anda mengenali terlebih dahulu apakah kelebihan dan kekurangan dari bisnis Anda? Bukan orang lain sebenarnya yang dapat menilai hal tersebut melainkan si pemilik bisnis terlebih dahulu sebelum dikenalkan kepada masyarakat luas.

Pada dasarnya hal ini juga menjadi kwajiban bagi setiap perusahaan untuk menjadi perilaku yang cepat untuk menanggapi situasi pasar, konsumen, bahkan pesaing. Perusahaan selalu memperhitungkan danmenetapkan biaya produksi, operasional dan biaya pemasaran serta tingkat laba yang diharapkan. Sedangkan jika harga yang Anda tetapkan terlalu rendah dari pada nilai yang diterima, maka perusahaan Anda kemungkinan tidak akan berhasil dalam mendapatkan laba.

Misalnya, tiket masuk museum, lebih murah untuk anak sekolah daripada umum. Setelah non-price delicate customer terlayani, perusahaan dapat membuat versi lebih murah untuk melayani price-sensitive customer Situs Judi Slot. Keputusan demikian dapat bersamaan dengan strategi perluasan lini produk ke hilir (down-ward stretching) dengan meluncurkan produk-produk berbiaya lebih rendah.