Cara Budidaya Ikan Cupang Di Rumah, Mudah Dan Bisa Jadi Ladang Bisnis

Ikan cupang jantan memiliki ciri-ciri lincah, ekor dan siripnya mengembang, memiliki warna cerah, dan bentuknya yang lebih besar. Sedangkan ikan cupang betina memiliki sifat lamban dengan ciri-ciri sirip dan ekornya lebih pendek, warnanya kusam, dan bentuk tubuhnya lebih kecil. LAMPUNG, iNews.id – Dengan memanfatkan pekarangan belakang rumah, Nurhadi warga Natar, Lampung Selatan mampu menghasilkan omzet puluhan juta rupiah dari hasil budidaya ikan cupang hias. Warna-warni ikan lucu ini kian banyak digemari warga dan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Cara budidaya ikan cupang yang pertama yakni memilih indukan ikan Cupang.

Usaha bisnis ikan cupang

Agar tidak stres, jauhkan proses pemijahan ini dari keramaian. Yang penting anda ketahui, cupang jantan maksimal bisa dikawinkan hanya 8 kali saja, sementara itu untuk betina cukup sekali saja ya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penurunan keragaman jenis.

Wakil Gubernur Bengkulu Dedy Ermansyah menilai lahirnya banyak komunitas pecinta ikan hias dan aquascape di tengah populernya kontes ikan cupang dapat membantu pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan. Ia menuturkan, untuk mem­bangun usaha ikan cu­pang hias ini bukan perkara yang gampang. Selama seta­hun ia belajar mem­bu­dida­yakan ikan ini walau harus jatuh bangun berkali-kali. Sampai pada akhirnya ribuan aquarium dan ikan cupang hias dari berbagai jenis me­ngisi tokonya saat ini. Jenis ikan hias yang dipilih untuk menargetkan konsumen menengah dan menengah kebawah adalah ikan hias yang hidup di air tawar.

Meskipun demikian, ia pernah merogoh kocek hingga Rp1 juta untuk membeli beberapa ekor ikan beserta kebutuhan lainnya. Jumlah ini masih jauh dibanding temannya yang membelanjakan uang hingga puluhan juta rupiah demi menambah koleksi cupang. Iral mengaku bersyukur bahwa dukungan orang tua dan kakak-kakaknya membuat usaha ikan Cupangnya dapat berkembang. Ia mencontoh bagaimana papanya mengantar ke lokasi sentra ikan Cupang di berbagai pelosok kota Jakarta serta menyiapkan rak untuk menempatkan ikan Cupang agar tertata rapi. four hundred spesies dari spesies dunia dan sekitar 650 spesies ikan hias air laut4. Pasalnya, penyediaan induk dan benih ikan unggul pada tahapan usaha pembenihan dalam sistem usaha perikanan budidaya menjadi tulang punggung dan salah satu faktor penentu keberhasilan.

Semenjak dari itu, Mulyadi pun mengembangkan usaha ikan cupang. Berawal dari percaya diri serta memiliki teman yang berpengalaman soal ikan cupang, Mulyadi pun mencari peluang agar ikan cupang semakin diminati. “Untuk satu kali pengiriman ikan cupang ke Jepang itu per bulannya di sekitar 400 ekor ikan cupang.

Per satu ekor, benih ikan cupang berusia dua minggu dia jual ke pedagang seharga Rp 80 rupiah. Pada umumnya pedagang yang datang untuk membeli ikanya berasal dari dalam kota maupun luar kota. Mengutip dari Alinea.id, ikan cupang berpotensi diekspor ke mancanegara. Tujuan utamanya adalah Amerika Serikat, Tiongkok, dan Singapura.

Capaian ini menjadi yang paling besar dibanding 4 tahun terakhir pada periode yang sama. Untuk mendukung hal tersebut, perlu adanya peran penyuluh dalam melakukan pendampingan kepada pembudidaya guna pengembangan budidaya ikan hias. BANDUNG, GJ.com – Sejak terjadi pandemi Covid-19, ikan cupang banyak digandrungi masyarakat.

“Lumayan Mas, buat usaha sampingan ekonomi. Omzet per bulan dari pelihara ikan ini rata rata Rp 4 juta. Bersih itu, sudah termasuk untuk pekerja dan pakan ikan, ” ungkap nya. Setiap kali transaksi, para pedagang yang datang ke tempatnya membeli dalam jumlah 5 ribu-10 ribu ekor. Pelanggan yang datang tidak hanya berlatar belakang profesi pedagang, melainkan juga dari dinas maupun perangkat desa.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Budi Daya Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau, Odor Juliana mengapresiasi pelaku usaha ikan cupang hias yang kian menggeliat di Kota Pekanbaru. Adanya kegiatan pelatihan ini, mendapat respon positif dari peserta pelatihan. Menurut Herman, salah satu peserta pelatihan mengatakan, terselenggaranya pelatihan ini memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat memahami proses budidaya ikan cupang yang baik . Ferry juga menjual berbagai ikan cupang di akun instagram @aulia.betafish ini, mengaku bisa mendapat keuntungan dari hasil ternak sendiri mencapai Rp500 ribu hingga Rp1 juta dalam seminggu. Harga jual ikan mulai dari Rp40 ribu sampai Rp500 ribu tergantung jenis dan ukuran.