Kisah Sukses Kembangkan Bisnis Rumahan

Saat bisnis pengolahan ikannya meluas dengan pasar hingga ke Asia dan Amerika, Susi memerlukan sarana transportasi udara yang dapat dengan cepat mengangkut lobster, ikan, dan hasil laut lain kepada pembeli dalam keadaan masih segar. Karena untuk membawanya ke Jakarta melalui darat, dan laut, membutuhkan waktu relatif panjang, rentan membuat ikan membusuk atau tidak segar lagi. Kondisi inilah yang membuat wanita peraih penghargaan antara lain Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat tahun 2004 ini, berinisiatif membeli Cessna Caravan seharga Rp 20 miliar hasil pinjaman lunak bank.

Berbagai hal seperti modal usaha, ide, pengerjaan, dan sebagainya bisa menjadi dasar keraguan tersebut. Apalagi keluarga miskin, di mana sang suami yang bekerja mencari nafkah namun kondisi perekonomian keluarga masih tetap miskin. Hingga kini, yang lumrah adalah suami sebagai kepala rumah tangga yang harus berperan sebagai pencari nafkah. Sedangkan istri mungkin merasa tidak terbebani dengan “keharusan-keharusan” untuk mencari nafkah. Selain itu, perempuan harus membuktikan diri kepada rekan-rekan mereka, karyawan atau klien hanya untuk mematahkan stereotip ketidakmampuan perempuan dalam bisnis.

Bila perlu Anda dapat mengajak seorang teman untuk berbagi tugas, namun tentunya harus orang yang dapat Anda percaya dan juga mempunyai komitmen. Kebanyakan Perempuan yang telah menikah dan memiliki anak, akan kesulitan membagi waktu antara bisnis dan keluarga. Untuk menjalani banyak peran sekaligus, sebagai istri, ibu, dan pebisnis akan sangat sibuk sekali.

Menjadi bisnis woman dan seorang ibu

Keberadaan bank-bank syariah, baik yang beroperasi secara berdiri sendiri maupun sebagai unit-unit operasional dari bank-bank konvensional, merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin beragam. Masyarakat dapat memilih dan menentukan apakah akan menggunakan jasa perbankan konvensional atau perbankan syariah. Perempuan, lanjut Analisa, harus berdaya dalam pekerjaannya, mampu mengurus rumah tangga dan mendampingi anak belajar dari rumah sekaligus.

Ia dikenal sebagai orang yang suka berjualan di daerah perumahannya, baik itu berjualan pulpen, dekorasi Hari Natal, sampai berjualan ikan. Daniel tergerak untuk membangun usaha Ready, Set, Food ini dari pengalamannya melihat keponakannya yang menderita alergi parah terhadap kacang, telur, dan susu di usia tujuh bulan. Akhirnya hal tersebut membuat mereka keluar dan memesan resort terdekat. Di saat itu juga, mereka memiliki keinginan untuk memiliki tempat sewa inap dengan fasilitas selengkap resort, tetapi tetap nyaman seperti di rumah.